Pada tanggal 19 Oktober 2023 telah dilaksanakan kegiatan Inkubator Bisnis PTKI Medan dengan tema “SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN PENINGKATAN KUALITAS GULA MERAH SAWIT” di Desa Sukasari, Kec. Pegajahan, Kab. Serdang Bedagai. Sosialisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut proses pembinaan tenant oleh Inkubator Bisnis PTKI Medan serta workshop yang diadakan sebelumnya. Adapun IKM binaan Inkubator Bisnis PTKI Medan ini adalah pengrajin gula merah sawit. Sambil menyelam minum air, pada kesempatan ini juga dilakukan pemasangan plang nama usaha di tempat pengrajin gula merah sebagai bentuk binaan oleh Inkubator Bisnis PTKI Medan.

Pemasangan plang nama unit usaha di IKM Gula Merah binaan Inkubator Bisnis PTKI Medan.

Berbagai materi sudah disiapkan untuk mendukung peningkatan kualitas produksi gula merah, seperti: pengurusan SNI dan sertifikat halal gula merah, proses perizinan usaha, manajemen keuangan, dan desain packaging produk gula merah, dan layouting dan K3. Kegiatan berlangsung dalam suasana diskusi yang santai namun bernas.

Suasana diskusi antara tim Inkubator Bisnis PTKI Medan dengan pengrajin gula merah serta dihadiri oleh Kepala Desa Sukasari, Kec. Pegajahan, Kab. Serdang Bedagai, Bapak Karmadi.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Inkubator Bisnis PTKI Medan Dr. Ir. Justaman Arifin Karo Karo, MT menyampaikan bahwa kegiatan ini semata-mata untuk mengedukasi para pengrajin gula merah yang masih awam tentang ilmu teknis, manajemen, kelayakan tempat usaha,dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Kades Sukasari, Karmadi. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Inkubator Bisnis PTKI Medan karena akan memberikan efek positif terhadap pengrajin gula merah sawit yang ada dilingkungan beliau. Sebagai orang nomor satu di desa tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah desa akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kemajuan rakyatnya, ditambah lagi jika memungkinkan pemerintah desa siap membantu pembentukan kepengurusan usaha sebagai wadah para pengrajin gula.

Acara ini diakhiri dengan makan santai singkong goreng dan seruput teh panas oleh tim Inkubator Bisnis, pengrajin gula merah, dan perangkat Desa Sukasari.

Makan singkong goreng dan teh panas disela-sela diskusi.

Begitu bagusnya respon dari para pengrajin gula merah dan perangkat desa, maka tim Inkubator Bisnis berencana akan melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke IKM gula merah ini dalam waktu dekat.

SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN KE IKM BINAAN INKUBATOR BISNIS PTKI MEDAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *